Etika

Sekarang jaman internet
Tapi etika gak jadi macet
Jangan kaya makhluk planet
Datang dan pergi tanpa basa-basi
-Opie Andaresta-

16 Oktober 2015

Saya biasanya berangkat ke kantor tidak terlalu pagi, sekitar jam 9-10 dari rumah. Kebetulan hari itu saya harus berbelanja beberapa kebutuhan kantor, sehingga harus mampir ke beberapa tempat. Dan hari ini hari Jumat, dimana waktu siang menjadi terasa sempit.

Mobil dipacu demi hadir shalat Jumat sebelum azan dikumandangkan muazin. Waktu azan zuhur pukul 11.25 saat itu. Di perjalanan, mata sering melirik ke jam yang ada di radio dan lampu lalu lintas terasa lebih lama dari biasanya. Lalu sampailah di masjid, waktu telah menunjukkan pukul 11.35, terlambat. Saya pilih mode sunyi di ponsel lalu langsung mengambil air wudu dan masuk masjid.

Shalat jumat selesai pukul 12.05. Dalam perjalanan ke luar menuju tempat parkir mobil, saya melihat ponsel untuk mengaktifkan mode suara. Ada sms masuk dan ada panggilan tidak terjawab. Hhmm, apakah ini penting sekali? Lalu saya membukanya.

sms  panggilan

Ternyata setelah dibuka, pengirimnya adalah anak SMK yang kemarin. Jadi sehari sebelumnya saya menerima sms dari seorang siswi SMK yang mengabarkan kedatangannya untuk mendaftarkan diri sebagai siswa Praktek Kerja Industri (Prakerin/magang/PKL). Saya kebetulan sedang tidak berada di kantor saat dia dan teman-temannya datang tanpa membuat janji sebelumnya. Sejak komunikasi pertama (sms tanggal 15 Oktober), saya sudah merasa tidak sreg atau tidak nyaman dengan caranya bertutur di sms. Tanpa memperkenalkan diri, langsung menyampaikan maksud, bahkan tidak menanyakan saya ada waktu atau tidak, ia malah langsung menanyakan apakah saya bisa datang ke kantor (gambar 1, kotak 1). Ditambah dengan panggilan saat shalat jumat (gambar 2) berlangsung dan sms dengan bahasa yang kurang sopan (gambar 1, kotak 2) siang ini. Karuan saja rasa kesal ini muncul lagi.

Perjalanan ke kantor hanya berjarak 200 meter. Saya memarkir kendaraan, membereskan barang-barang, lalu masuk ke kantor. Pintu luar masih terbuka sedikit, hanya menyisakan celah untuk satu orang lewat. Ruangan masih gelap, karena jam istirahat sampai jam 13.00. Ada 2 remaja berjilbab yang telah duduk di kursi di depan front desk. Saya lalu bertanya kepada karyawan saya, siapa yang dari kemarin mencari saya untuk menanyakan perihal magang di kantor. Lalu karyawan saya menunjuk kepada dua remaja tersebut.

Saya taruh barang sembarangan, lalu menghampiri remaja tersebut.

“Kalian yang dari kemarin mau mendaftar prakerin di sini?” tanya saya

“Iya, Pak”, jawab mereka

“Pertama-tama, saya tidak suka dengan cara kalian mengirim sms kepada saya, menanyakan apakah saya bisa ke kantor atau tidak, dengan bahasa yang kurang sopan.”

Mereka hanya terdiam, lalu salah seorang berkata sambil menujuk teman di sebelahnya, “dia yang kemarin cari tempat, Pak.”

“Ini bukan awal yang baik untuk berkenalan, apalagi memulai suatu kerjasama,” lanjut saya.

“Lalu hari ini, kalian mengirim saya sms, dan misscall saya. Ini hari Jumat, dan kalian mestinya tahu kalau itu waktunya shalat Jumat. Saya tadi berpikir kalian bukan muslim, loh”. Saya menyampaikan demikian karena saya pikir jika mereka bukan muslim, saya bisa maklum karena mereka mungkin tidak mengetahui waktu shalat jumat.

Mereka terus terdiam sambil sesekali melirik satu sama lain.

“Jadi, sudah ya gitu aja dari saya.”

Saya beranjak dari kursi lalu masuk ke ruangan. Saya melihat mereka keluar kantor, masih terdiam.

Apakah saya terlalu kasar? Yang jelas saya tidak menyesal telah bersikap demikian.Semoga itu menjadi pelajaran bagi mereka agar bertutur dengan santun kepada orang yang lebih tua secara personal atau berkomunikasi secara resmi kepada institusi. Karena, dari sekian banyak siswa-siswi yang selama ini mendaftar dan magang di kantor saya, baru kali ini ada kejadian seperti ini. Mungkin mereka memang belum mengerti?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s