Grand New Innova 2015

18 Desember 2015

Beberapa hari lalu saya sempat membaca status seseorang pengguna media sosial, yang kira-kira menuliskan “kekecewaannya” terhadap produk baru Toyota, yaitu Grand New Kijang Innova. Dengan harga 400 juta (untuk tipe tertinggi), memang fitur-fiturnya sudah setara dengan mobil mewah.

Namun kali ini kita tidak membicarakan fitur, namun secara bentuk bodi mobilnya. Kalau lihat iklan-iklan teaser atau bocoran dari internet, semua foto eksterior mengambil sudut serong, baik dari depan, maupun belakang. Sebenarnya kalau dilihat dari sudut itu pun sudah tidak terlihat proporsional, lampu depan, grille, bemper, dan lingkar rodanya.

Sampai beberapa hari lalu saya menemukan foto dari samping, di salah satu media sosial, saya pun agak-agak geli, hii…

Grand New Innova

Mungkin memang benar apa yang dikatakan orang tersebut, untuk harga 400 juta, masih banyak pilihan mobil dengan penampilan yang jauh lebih baik, termasuk mobil second hand. Saya sendiri tidak menilai mobil dari eksterior, namun lebih ke interior dan fitur, karena selama kita mengendarai mobil, semua perhatian kita tertuju pada interior, betul? Namun bukan berarti eksterior luput dari perhatian, karena itu juga salah satu faktor pertama dimana kita bisa memutuskan jatuh hati atau tidaknya kita untuk memilih kendaraan.

Maka dari itu saya agak gatal untuk mencoret-coret desain Grand New Innova ini, sehingga tampilannya bisa lebih proporsional, walaupun tidak good loking.

Yang pertama adalah fender, bannya itu lho kelihatan (bukan kelihatan lagi sih, tapi memang kecil), tidak proporsional dengan panjangnya moncong bonnet dan dimensi secara keseluruhan.

1 fender
Fender yang telah dimelarkan

Yang kedua, hidungnya terlihat terlalu panjang dan besar (meskipun ini pasti mempertimbangkan keamanan). Overhang depan pun terlihat panjang sekali. Begitu juga garis di bawah kaca mati belakang (antara pilar A dan pilar D) seakan-akan terlihat seperti sambungan, walaupun jika ditarik garis lurus ke depan berakhir di lampu.

3 bonnet garis
Bonnet dan overhang depan diperpendek

Jika kita lihat perbandingan sebelum dan sesudah, maka akan seperti gambar di bawah ini:

innova 2

Seperti itulah versi saya kalau Toyota mau melakukan facelift. Ah, tapi tanpa modifikasi bentuk seperti yang saya lakukan, Grand New Innova pasti laku seperti kacang goreng kok. Percaya kan?

3 thoughts on “Grand New Innova 2015

  1. saya kok lihatnya design innova ini mencontek (ATM) lancer evo X..
    bener nggak ?
    lampu belakang yang cuma ditambah sign ke bawah..
    bonnet, HL..
    yang paling parah adalah waist line yang nongol..

    kalau cuma ATM ongkos design nya murah kalee ya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s